Enter your keyword

PRA-TK / TK

Latar Belakang

Masa depan yang didalamnya anak-anak kita akan hidup, diprediksi akan memiliki berbagai ciri persaingan yang ketat, pergaulan global yang intens, perubahan-perubahan yang sangat cepat di berbagai bidang kehidupan dengan segala permasalahanya, serta tantangan sekaligus kebutuhan kepada kehidupan keberagamaan yang lebih bermoral. Di sisi lain, pendidikan pada umumnya, kurang mengarahkan proses belajar-mengajar kepada upaya-upaya pembangkitan kreativitas anak-didik, yang sesungguhnya merupakan kunci sukses anak-anak kita di masa depan.

Latar Belakang

Masa depan yang didalamnya anak-anak kita akan hidup, diprediksi akan memiliki berbagai ciri persaingan yang ketat, pergaulan global yang intens, perubahan-perubahan yang sangat cepat di berbagai bidang kehidupan dengan segala permasalahanya, serta tantangan sekaligus kebutuhan kepada kehidupan keberagamaan yang lebih bermoral. Di sisi lain, pendidikan pada umumnya, kurang mengarahkan proses belajar-mengajar kepada upaya-upaya pembangkitan kreativitas anak-didik, yang sesungguhnya merupakan kunci sukses anak-anak kita di masa depan.

Tujuan

Melahirkan manusia-manusia indonesia yang mencintai ilmu pengetahuan, terampil dalam mengembangkan ilmunya, kreatif, menguasai kemampuan-kemampuan dasar dan memiliki keluasan wawasan, percaya diri, komunikatif, memiliki keprihatinan sosial, cinta lingkungan, serta beriman dan berakhlaq mulia.

Tujuan

Melahirkan manusia-manusia indonesia yang mencintai ilmu pengetahuan, terampil dalam mengembangkan ilmunya, kreatif, menguasai kemampuan-kemampuan dasar dan memiliki keluasan wawasan, percaya diri, komunikatif, memiliki keprihatinan sosial, cinta lingkungan, serta beriman dan berakhlaq mulia.

Filosofi

  • MultipleIntelligence

    Setiap anak adalah pribadi yang unik dan memiliki potensi kecerdasan majemuk (multiple intelligences).

  • peergroup

    Anak lebih cepat belajar di tengah lingkungan teman sebayanya (peer group).

  • CREATIVITYCONFIDENCE

    Kreativitas dan kepercayaan diri anak lahir dari suasana belajar yang menyenangkan, ramah, penuh kasih sayang, kontekstual, bersifat praktik (hands-on) dan mengaktifkan kemampuan berpikir (brain-based).

  • LearningEnvironment

    Lingkungannya merupakan laboratorium belajar yang tak terbatas.

  • CooperativeSociety

    Keberhasilan pembelajaran hanya dapat dicapai jika ada kerjasama yang baik antara guru/sekolah, orang tua dan masyarakat secara keseluruhan.

Filosofi

  • MultipleIntelligence

    Setiap anak adalah pribadi yang unik dan memiliki potensi kecerdasan majemuk (multiple intelligences).

  • peergroup

    Anak lebih cepat belajar di tengah lingkungan teman sebayanya (peer group).

  • CREATIVITYCONFIDENCE

    Kreativitas dan kepercayaan diri anak lahir dari suasana belajar yang menyenangkan, ramah, penuh kasih sayang, kontekstual, bersifat praktik (hands-on) dan mengaktifkan kemampuan berpikir (brain-based).

  • LearningEnvironment

    Lingkungannya merupakan laboratorium belajar yang tak terbatas.

  • CooperativeSociety

    Keberhasilan pembelajaran hanya dapat dicapai jika ada kerjasama yang baik antara guru/sekolah, orang tua dan masyarakat secara keseluruhan.

Proses Pembelajaran

Penataan ruang belajar berdasarkan sistem sentra yang mewakili satu atau lebih jenis kecerdasan. Proses pembelajaran dilakukan secara berpindah dari satu sentra ke sentra lainnya (moving class). Sistem ini diyakini mampu memfasilitasi kebutuhan eksplorasi yang sangat tinggi pada anak usia dini, memberi pengalaman belajar yang kaya dan bervariasi serta meningkatkan kenyamanan belajar.

Proses Pembelajaran

Penataan ruang belajar berdasarkan sistem sentra yang mewakili satu atau lebih jenis kecerdasan. Proses pembelajaran dilakukan secara berpindah dari satu sentra ke sentra lainnya (moving class). Sistem ini diyakini mampu memfasilitasi kebutuhan eksplorasi yang sangat tinggi pada anak usia dini, memberi pengalaman belajar yang kaya dan bervariasi serta meningkatkan kenyamanan belajar.

null

Sentra Make Believe

Sentra bermain peran terdiri dari : sentra bermain peran makro dapat menggunakan anak sebagai model. Sentra bermain peran mikro misalnya menggunakan boneka, maket meja-kursi, rumah-rumahan dan sebagainya. Sentra bermain peran merupakan wujud dari kehidupan nyata yang dimainkan anak, membantu anak memahami dunia mereka dengan memainkan berbagai macam peran. Pemilihan berbagai macam benda untuk bermain peran tergantung dari minat anak pada saat itu. Misal, Tema “Keluarga” dengan alat-alat yang dibutuhkan peralatan dapur dan lain-lain.

null

Sentra Imtaq

Pusat kegiatan pembelajaran dengan metode bermain sambil belajar pendidikan agama yang dirancang untu mengembangkan seluruh potensi anak sebagai karunia dari Allah SWT

Sentra Pembelajaran

null

Sentra Balok

Sentra balok berisi berbagai macam balok dalam berbagai bentuk, ukuran, warna, dan tekstur. Disini anak belajar banyak hal dengan cara menyusun/menggunakan balok, mengembangkan kemampuan logika matematika/berhitung permulaan, kemampuan berpikir dan memecahkan masalah.

null

Sentra Library

Bahan yang ada pada sentra ini adalah buku-buku, kartu kata, kartu huruf, kartu angka dan bahan-bahan untuk kegiatan menyimak, bercakapan persiapan menulis serta berhitung. Kegiatan yang dilaksanakan adalah persiapan membaca permulaan, menulis permulaan serta bercerita. Mendorong kemampuan intelektual anak, gerakan otot halus, koordinasi mata-tangan, belajar ketrampilan social (berbagi, bernegosiasi dan menyampaikan sebuah pesan).

null

Sentra Outdoor

Sentra Outdoor adalah sentra yang dapat mengembangkan kemampuan anak dalam motori kasarnya. Motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar, sebagaian besar atau seluruh anggota tubuh, yang dipengaruhi oleh usia, berat badan dan perkembangan anak secara fisik

FASILITAS Pra-TK/TK

null

Sentra Discovery

Sentra ini memfasilitasi anak untuk mengembangkan dan memperluas pengalaman dengan memberikan banyak kesempatan pada anak untuk mengeksplorasi bahan-bahan alami dan lainnya serta menumbuhkan rasa ingin tahu yang diperlukan dalam sebuah proses pembelajaran

null

Sentra Art

Di sentra ini anak akan digali dalam mengembangkan bermain sensori motor dengan memberikan banyak kesempatan pada anak untuk mengembangkan kematangan motorik halus yang diperlukan dalam proses kesiapan menulis, keterampilan berolahtangan dan menstimulasi system kerja otak anak. Di sentra ini juga anak akan digali kemampuannya dalam seni seperti melukis,membatik dan lain – lain.

Sentra Pembelajaran

null

Sentra Make Believe

Sentra bermain peran terdiri dari : sentra bermain peran makro dapat menggunakan anak sebagai model. Sentra bermain peran mikro misalnya menggunakan boneka, maket meja-kursi, rumah-rumahan dan sebagainya. Sentra bermain peran merupakan wujud dari kehidupan nyata yang dimainkan anak, membantu anak memahami dunia mereka dengan memainkan berbagai macam peran. Pemilihan berbagai macam benda untuk bermain peran tergantung dari minat anak pada saat itu. Misal, Tema “Keluarga” dengan alat-alat yang dibutuhkan peralatan dapur dan lain-lain.

null

Sentra Imtaq

Pusat kegiatan pembelajaran dengan metode bermain sambil belajar pendidikan agama yang dirancang untu mengembangkan seluruh potensi anak sebagai karunia dari Allah SWT

null

Sentra Discovery

Sentra ini memfasilitasi anak untuk mengembangkan dan memperluas pengalaman dengan memberikan banyak kesempatan pada anak untuk mengeksplorasi bahan-bahan alami dan lainnya serta menumbuhkan rasa ingin tahu yang diperlukan dalam sebuah proses pembelajaran

null

Sentra Art

Di sentra ini anak akan digali dalam mengembangkan bermain sensori motor dengan memberikan banyak kesempatan pada anak untuk mengembangkan kematangan motorik halus yang diperlukan dalam proses kesiapan menulis, keterampilan berolahtangan dan menstimulasi system kerja otak anak. Di sentra ini juga anak akan digali kemampuannya dalam seni seperti melukis,membatik dan lain – lain.

null

Sentra Library

Bahan yang ada pada sentra ini adalah buku-buku, kartu kata, kartu huruf, kartu angka dan bahan-bahan untuk kegiatan menyimak, bercakapan persiapan menulis serta berhitung. Kegiatan yang dilaksanakan adalah persiapan membaca permulaan, menulis permulaan serta bercerita. Mendorong kemampuan intelektual anak, gerakan otot halus, koordinasi mata-tangan, belajar ketrampilan social (berbagi, bernegosiasi dan menyampaikan sebuah pesan).

null

Sentra Balok

Sentra balok berisi berbagai macam balok dalam berbagai bentuk, ukuran, warna, dan tekstur. Disini anak belajar banyak hal dengan cara menyusun/menggunakan balok, mengembangkan kemampuan logika matematika/berhitung permulaan, kemampuan berpikir dan memecahkan masalah.

null

Sentra Outdoor

Sentra Outdoor adalah sentra yang dapat mengembangkan kemampuan anak dalam motori kasarnya. Motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar, sebagaian besar atau seluruh anggota tubuh, yang dipengaruhi oleh usia, berat badan dan perkembangan anak secara fisik

FASILITAS Pra-TK/TK