
Latar Belakang
Masa depan yang didalamnya anak-anak kita akan hidup, diprediksi akan memiliki berbagai ciri persaingan yang ketat, pergaulan global yang intens, perubahan-perubahan yang sangat cepat di berbagai bidang kehidupan dengan segala permasalahanya, serta tantangan sekaligus kebutuhan kepada kehidupan keberagamaan yang lebih bermoral. Di sisi lain, pendidikan pada umumnya, kurang mengarahkan proses belajar-mengajar kepada upaya-upaya pembangkitan kreativitas anak-didik, yang sesungguhnya merupakan kunci sukses anak-anak kita di masa depan.

Latar Belakang
Masa depan yang didalamnya anak-anak kita akan hidup, diprediksi akan memiliki berbagai ciri persaingan yang ketat, pergaulan global yang intens, perubahan-perubahan yang sangat cepat di berbagai bidang kehidupan dengan segala permasalahanya, serta tantangan sekaligus kebutuhan kepada kehidupan keberagamaan yang lebih bermoral. Di sisi lain, pendidikan pada umumnya, kurang mengarahkan proses belajar-mengajar kepada upaya-upaya pembangkitan kreativitas anak-didik, yang sesungguhnya merupakan kunci sukses anak-anak kita di masa depan.
Tujuan
Melahirkan manusia-manusia indonesia yang mencintai ilmu pengetahuan, terampil dalam mengembangkan ilmunya, kreatif, menguasai kemampuan-kemampuan dasar dan memiliki keluasan wawasan, percaya diri, komunikatif, memiliki keprihatinan sosial, cinta lingkungan, serta beriman dan berakhlaq mulia.


Tujuan
Melahirkan manusia-manusia indonesia yang mencintai ilmu pengetahuan, terampil dalam mengembangkan ilmunya, kreatif, menguasai kemampuan-kemampuan dasar dan memiliki keluasan wawasan, percaya diri, komunikatif, memiliki keprihatinan sosial, cinta lingkungan, serta beriman dan berakhlaq mulia.
Filosofi
MultipleIntelligence
Setiap anak adalah pribadi yang unik dan memiliki potensi kecerdasan majemuk (multiple intelligences).
peergroup
Anak lebih cepat belajar di tengah lingkungan teman sebayanya (peer group).
CREATIVITYCONFIDENCE
Kreativitas dan kepercayaan diri anak lahir dari suasana belajar yang menyenangkan, ramah, penuh kasih sayang, kontekstual, bersifat praktik (hands-on) dan mengaktifkan kemampuan berpikir (brain-based).
LearningEnvironment
Lingkungannya merupakan laboratorium belajar yang tak terbatas.
CooperativeSociety
Keberhasilan pembelajaran hanya dapat dicapai jika ada kerjasama yang baik antara guru/sekolah, orang tua dan masyarakat secara keseluruhan.
Filosofi
MultipleIntelligence
Setiap anak adalah pribadi yang unik dan memiliki potensi kecerdasan majemuk (multiple intelligences).
peergroup
Anak lebih cepat belajar di tengah lingkungan teman sebayanya (peer group).
CREATIVITYCONFIDENCE
Kreativitas dan kepercayaan diri anak lahir dari suasana belajar yang menyenangkan, ramah, penuh kasih sayang, kontekstual, bersifat praktik (hands-on) dan mengaktifkan kemampuan berpikir (brain-based).
LearningEnvironment
Lingkungannya merupakan laboratorium belajar yang tak terbatas.
CooperativeSociety
Keberhasilan pembelajaran hanya dapat dicapai jika ada kerjasama yang baik antara guru/sekolah, orang tua dan masyarakat secara keseluruhan.
Proses Pembelajaran
Penataan ruang belajar berdasarkan sistem sentra yang mewakili satu atau lebih jenis kecerdasan. Proses pembelajaran dilakukan secara berpindah dari satu sentra ke sentra lainnya (moving class). Sistem ini diyakini mampu memfasilitasi kebutuhan eksplorasi yang sangat tinggi pada anak usia dini, memberi pengalaman belajar yang kaya dan bervariasi serta meningkatkan kenyamanan belajar.


Proses Pembelajaran
Penataan ruang belajar berdasarkan sistem sentra yang mewakili satu atau lebih jenis kecerdasan. Proses pembelajaran dilakukan secara berpindah dari satu sentra ke sentra lainnya (moving class). Sistem ini diyakini mampu memfasilitasi kebutuhan eksplorasi yang sangat tinggi pada anak usia dini, memberi pengalaman belajar yang kaya dan bervariasi serta meningkatkan kenyamanan belajar.


Sentra Pembelajaran



FASILITAS Pra-TK/TK


Sentra Pembelajaran







FASILITAS Pra-TK/TK








