ABOUT LAZUARDI HAURA
PROFILE & HISTORY
Sekolah Islam yang berwawasan Global dan Welas Asih
Memiliki komitmen untuk membuka kesempatan bagi siswa
berkebutuhan khusus dengan menerapkan sistem inklusi
Berada di bawah naungan yayasan Dr Soebiyan
Sekolah yang mengedepankan pemahaman mengenai
perbedaan dalam banyak hal dan pentingnya toleransi
Lazuardi Haura Global Islamic School merupakan sekolah Islam berwawasan global yang menerapkan Kurikulum Nasional dari Kementerian Departemen Pendidikan dan Kebudayaan serta mengadopsi segi terbaik Kurikulum Internasional dan standar dari University Of Cambridge International Examinations serta berpandangan Islam Progresif, Islam Cinta rahmat bagi semesta, mengedepankan pemahaman mengenai perbedaan dan toleransi untuk mengajarkan damai dengan cinta termasuk didalamnya dengan menerapkan sistem inklusi (kuota khusus dengan pendampingan dan program untuk siswa berkebutuhan khusus yang memberi kesempatan belajar bersama dengan siswa lain) dan terbuka menerima siswa dengan berbagai latar belakang dan keunikan.
Lazuardi Haura GCS meyakini kecerdasan majemuk (Multiple Inteligences) dalam mengenali berbagai kecerdasan siswa beserta keunikannya, Dengan pembelajaran yang aktif (active learning) serta pendekatan yang hangat juga demokratis membuat siswa akan memiliki kepercayaan diri dalam melejitkan potensinya menjadikan setiap siswa juara.
Sekolah yang ramah berlokasi di perbukitan yang sejuk dengan pemandangan pinggir pantai, membuat anak-anak dekat dengan alam.
Lazuardi Haura GCS, berlokasi di perbukitan yang sejuk dan tenang di tengah kota Bandar lampung. Dengan pemandangan laut, sungai dan lereng bukit, berada dekat dengan lokasi wisata alam, mendukung pembelajaran yang dekat dengan alam dan jauh dari polusi. Dengan konsep sekolah berorientasi alam menempatkan lingkungan sebagai laboratorium belajar yang tidak terbatas dan dilengkapi berbagai fasilitas lengkap dan nyaman. Membuat siswa mendapatkan rumah kedua nya di Lazuardi Haura GCS.
ABOUT LAZUARDI HAURA
PROFILE & HISTORY
Lazuardi Haura Global Islamic School merupakan sekolah Islam berwawasan global yang menerapkan Kurikulum Nasional dari Kementerian Departemen Pendidikan dan Kebudayaan serta mengadopsi segi terbaik Kurikulum Internasional dan standar dari University Of Cambridge International Examinations serta berpandangan Islam Progresif, Islam Cinta rahmat bagi semesta, mengedepankan pemahaman mengenai perbedaan dan toleransi untuk mengajarkan damai dengan cinta termasuk didalamnya dengan menerapkan sistem inklusi (kuota khusus dengan pendampingan dan program untuk siswa berkebutuhan khusus yang memberi kesempatan belajar bersama dengan siswa lain) dan terbuka menerima siswa dengan berbagai latar belakang dan keunikan.
Lazuardi Haura GCS meyakini kecerdasan majemuk (Multiple Inteligences) dalam mengenali berbagai kecerdasan siswa beserta keunikannya, Dengan pembelajaran yang aktif (active learning) serta pendekatan yang hangat juga demokratis membuat siswa akan memiliki kepercayaan diri dalam melejitkan potensinya menjadikan setiap siswa juara.
Sekolah yang ramah berlokasi di perbukitan yang sejuk dengan pemandangan pinggir pantai, membuat anak-anak dekat dengan alam.
Lazuardi Haura GCS, berlokasi di perbukitan yang sejuk dan tenang di tengah kota Bandar lampung. Dengan pemandangan laut, sungai dan lereng bukit, berada dekat dengan lokasi wisata alam, mendukung pembelajaran yang dekat dengan alam dan jauh dari polusi. Dengan konsep sekolah berorientasi alam menempatkan lingkungan sebagai laboratorium belajar yang tidak terbatas dan dilengkapi berbagai fasilitas lengkap dan nyaman. Membuat siswa mendapatkan rumah kedua nya di Lazuardi Haura GCS.
Sekolah Islam yang berwawasan Global dan Welas Asih
Memiliki komitmen untuk membuka kesempatan bagi siswa berkebutuhan khusus dengan menerapkan sistem inklusi
Berada di bawah naungan yayasan Dr Soebiyan
Sekolah yang mengedepankan pemahaman mengenai perbedaan dalam banyak hal dan pentingnya toleransi
Visi
“Masyarakat berbudaya luhur berlandaskan kebajikan, welas asih, dan kebahagiaan spiritual.”
Visi Lazuardi Haura sebagai Sekolah Islam Berwawasan Welas Asih adalah merupakan rumusan dari kondisi masyarakat yang ingin kita capai sebagai hasil dari eksistensi Lazuardi Haura GCS. Maka keempat elemen Visi Lazuardi Haura Haura merupakah sebuah kesatuan yang tak dapat dipisahkan dan akan terus kami perjuangkan sebagai tujuan pembelajaran di Lazuardi Haura GCS dalam menciptakan kondisi masyarakat yang ideal.
Misi
“Menggali dan mengembangkan potensi setiap individu dalam menciptakan perbaikan kehidupan.”
Membekali siswanya untuk dapat memiliki kesemua bekal bagi suatu kehidupan yang baik di dunia dan di akhirat, mengadvokasi pemerintah untuk mengembangkan sistem pendidikan yang baik dan accessible untuk seluruh masyarakat Indonesia, serta mendorong tumbuhnya sekolah-sekolah yang berkualitas.
Masyarakat Berbudaya Luhur
* Memiliki sistem dalam proses bermasyarakat.
* Berperan aktif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.Kebajikan – Fokus Sebagai Makhluk Sosial
* Akhlak mulia.
* Amal saleh.Welas Asih – Empati yang Berlanjut Pada Simpati
* Kemampuan merasakan/prihatin terhadap masalah atau kesulitan orang lain.
* Terdorong untuk membantu orang lain lepas dari kesulitan.Kebahagiaan Spiritual – Fokus Sebagai Individu
* Kebahagiaan yang bersumber dari dalam diri, dan tidak ditentukan oleh faktor-faktor eksternal (orang lain, lingkungan, dsb).
Menggali Potensi
- Setiap individu memiliki potensi yang besar dalam dirinya.
- Tidak semua orang menyadari potensi yang mereka miliki.
- Hasil dari proses ini adalah individu yang bersangkutan dapat mulai mengidentifikasi potensi yang dia miliki.
Mengembangkan Potensi
- Potensi hanyalah benih yang tidak akan berubah menjadi kekuatan-kekuatan jika tidak kita tindak lanjuti.
- Setelah menggali dan mengidentifikasi potensi, perlu ditindaklanjuti dengan terus diasah dan dikembangkan agar dapat menjadi sumber daya utama kita dalam menciptakan perbaikan kehidupan.
Perbaikan Kehidupan
- Kehidupan kita pribadi sebagai seorang individu.
- Kehidupan sosial dan lingkungan kita.
tujuan akhir
Menghasilkan siswa yang berakhlakul karimah dan sejahtera baik secara fisik (sandang, pangan, papan), secara mental dan secara spiritual memiliki tujuan hidup dan misi untuk membantu sesama demi meraih kebahagiaan di dunia maupun di akhirat.
tujuan kelembagaan
Menjadi World Class School, yang memiliki ciri-ciri:
Memiliki SDM dalam jumlah cukup yang capable, terus belajar, serta bersikap dan bekerja profesional.
Memiliki organisasi dan manajemen yang supportive.
Selalu memiliki perencanaan-perencanaan yang sistematis.
Memiliki standar best practice dan menerapkannya dengan sebaik-baiknya.
Memiliki sistem monitoring dan control untuk memastikan best practice berjalan disamping juga membuka ruang bagi continuous improvement.
Memiliki resources yang cukup untuk menyelenggarakan organisasi dengan sebaik-baiknya.
Sasaran
Dengan berlandaskan konsep Taksonomi Bloom yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik, proses pembelajaran diharapkan mengembangkan life skills siswa didik ke tingkat yang paling tinggi termasuk :
Kompetensi personal
Beriman kuat, bertakwa dan berakhlak mulia,percaya diri dan kreatif
Kompetensi sosial
Menguasai kemampuan komunikatif, memiliki kemampuan menjalin dan membangun relasi dengan kelompok masyarakat yang beragam, memiliki keprihatinan sosial dan cinta lingkungan
Kompetensi akademik
Menguasai kemampuan-kemampuan dasar,memiliki kecintaan kepada ilmu pengetahuan,tahu cara mengembangkan ilmu, memiliki wawasan luas dan menguasai kemampuan riset.
Kompetensi vokasional
Memiliki keterampilan tinggi di bidang tertentu
Visi
“Masyarakat berbudaya luhur berlandaskan kebajikan, welas asih, dan kebahagiaan spiritual.”
Visi Lazuardi Haura sebagai Sekolah Islam Berwawasan Welas Asih adalah merupakan rumusan dari kondisi masyarakat yang ingin kita capai sebagai hasil dari eksistensi Lazuardi Haura GCS. Maka keempat elemen Visi Lazuardi Haura merupakah sebuah kesatuan yang tak dapat dipisahkan dan akan terus kami perjuangkan sebagai tujuan pembelajaran di Lazuardi Haura GCS dalam menciptakan kondisi masyarakat yang ideal.
Ada 4 elemen utama yang terdapat dalam pernyataan visi ini:
Masyarakat Berbudaya Luhur
- Memiliki sistem dalam proses bermasyarakat.
- Berperan aktif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Kebajikan – Fokus Sebagai Makhluk Sosial
- Akhlak mulia.
- Amal saleh.
Welas Asih – Empati yang Berlanjut Pada Simpati
- Kemampuan merasakan/prihatin terhadap masalah atau kesulitan orang lain.
- Terdorong untuk membantu orang lain lepas dari kesulitan.
Kebahagiaan Spiritual – Fokus Sebagai Individu
- Kebahagiaan yang bersumber dari dalam diri, dan tidak ditentukan oleh faktor-faktor eksternal (orang lain, lingkungan, dsb).
Misi
“Menggali dan mengembangkan potensi setiap individu dalam menciptakan perbaikan kehidupan.”
Membekali siswanya untuk dapat memiliki kesemua bekal bagi suatu kehidupan yang baik di dunia dan di akhirat, mengadvokasi pemerintah untuk mengembangkan sistem pendidikan yang baik dan accessible untuk seluruh masyarakat Indonesia, serta mendorong tumbuhnya sekolah-sekolah yang berkualitas.
Pernyataan misi tersebut memiliki 3 penjelasan utama:
Menggali Potensi
- Setiap individu memiliki potensi yang besar dalam dirinya.
- Tidak semua orang menyadari potensi yang mereka miliki.
- Hasil dari proses ini adalah individu yang bersangkutan dapat mulai mengidentifikasi potensi yang dia miliki.
Mengembangkan Potensi
- Potensi hanyalah benih yang tidak akan berubah menjadi kekuatan-kekuatan jika tidak kita tindak lanjuti.
- Setelah menggali dan mengidentifikasi potensi, perlu ditindaklanjuti dengan terus diasah dan dikembangkan agar dapat menjadi sumber daya utama kita dalam menciptakan perbaikan kehidupan.
Perbaikan Kehidupan
- Kehidupan kita pribadi sebagai seorang individu.
- Kehidupan sosial dan lingkungan kita.
tujuan akhir
Menghasilkan siswa yang berakhlakul karimah dan sejahtera baik secara fisik (sandang, pangan, papan), secara mental dan secara spiritual memiliki tujuan hidup dan misi untuk membantu sesama demi meraih kebahagiaan di dunia maupun di akhirat.
tujuan kelembagaan
Menjadi World Class School, yang memiliki ciri-ciri:
Memiliki SDM dalam jumlah cukup yang capable, terus belajar, serta bersikap dan bekerja profesional.
Memiliki organisasi dan manajemen yang supportive.
Selalu memiliki perencanaan-perencanaan yang sistematis.
Memiliki standar best practice dan menerapkannya dengan sebaik-baiknya.
Memiliki sistem monitoring dan control untuk memastikan best practice berjalan disamping juga membuka ruang bagi continuous improvement.
Memiliki resources yang cukup untuk menyelenggarakan organisasi dengan sebaik-baiknya.
Sasaran
Dengan berlandaskan konsep Taksonomi Bloom yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik, proses pembelajaran diharapkan mengembangkan life skills siswa didik ke tingkat yang paling tinggi termasuk :
Kompetensi personal
Beriman kuat, bertakwa dan berakhlak mulia,percaya diri dan kreatif
Kompetensi sosial
Menguasai kemampuan komunikatif, memiliki kemampuan menjalin dan membangun relasi dengan kelompok masyarakat yang beragam, memiliki keprihatinan sosial dan cinta lingkungan
Kompetensi akademik
Menguasai kemampuan-kemampuan dasar,memiliki kecintaan kepada ilmu pengetahuan,tahu cara mengembangkan ilmu, memiliki wawasan luas dan menguasai kemampuan riset.
Kompetensi vokasional
Memiliki keterampilan tinggi di bidang tertentu
Core Values
Inklusi
Perilaku-perilaku utama dari value ini adalah:
- Menyikapi keragaman secara terbuka dan kritis.
- Berinisiatif untuk mempelajari mengambil manfaat dari perspektif dan situasi yang beragam.
Global Awareness
Perilaku-perilaku utama dari value ini adalah:
- Mengikuti perkembangan berbagai isu global.
- Menunjukkan kontribusi positif terkait dengan isu-isu global.
Berorientasi Masa Depan
Perilaku-perilaku utama dari value ini adalah:
- Membuat keputusan dan rancangan masa depan yang lebih baik.
- Mengaktualisasikan potensi secara berkelanjutan.
Welas Asih
Perilaku-perilaku utama dari value ini adalah:
- Menerima dan menghargai kondisi setiap individu sebagai bagian dari kebersamaan.
- Melakukan upaya untuk menciptakan kebersamaan.
- Melakukan upaya untuk membantu sesama makhluk.
Integritas
Perilaku utama dari value ini adalah:
- Melaksanakan amanah pekerjaan dengan sempurna (ihsan) sesuai dengan peraturan dan nilai-nilai organisasi.
Spiritual
Perilaku-perilaku utama dari value ini adalah:
- Menunjukkan usaha untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan penghayatan agama.
- Melaksanakan ibadah harian dengan sebaik-baiknya.
Layananan apa yang diberikan Lazurdi
pendidikan tingkat Pra-TK/TK, SD & SMP
program dwi bahasa
Program pendidikan khusus (special education)
Pusat Tumbuh Kembang dan Edukasi Pelangi Lazuardi
Pengembangan parenting skills
Taman Cinta Al-Quran
OUR HISTORY
Sejarah Lazuardi
Mengapa lazuardi Haura hadir ?
Masa-masa mendatang akan semakin ditandai dengan munculnya persaingan yang semakin ketat; pergaulan global yang makin intens; perubahan-perubahan yang amat cepat dibidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi; tantangan terhadap dan sekaligus kebutuhan keber-Agamaan yang lebih bermoral serta timbulnya ekses krisis sosial dan lingkungan.
Untuk menjawab tantangan-tantangan inilah, khususnya di lampung, Yayasan Dr Soebiyan hadir untuk mengabdikan diri pada dunia pendidikan.
Yayasan Dr Soebiyan hadir atas prakarsa:
- Ibu Shita Dharmasari Soebiyan
- Ibu Uswati Soebiyan
- Bapak Riadh Indrawan
- Ibu Indah Murniati Thoyib dan
- Ibu Vivien Himmayani
Bagaimana Lazuardi Lahir
Pada tahun 2005, berlokasi di rumah sewa Jl Way Sungkai Garuntang, Ibu Shita Dharmasari Soebiyan membuka Pra TK dan TK Haura Global Islamic School. Penerimaan siswa baru dimulai pada tanggal 9 Mei 2005.
Setahun setelahnya, memenuhi permintaan siswa-siswi Haura GCS , tahun 2006 dibuka Sekolah Dasar.
Sejalan dengan perkembangannya, dibentuklah Yayasan Dr.Soebiyan yang kemudian bermitra dengan Yayasan Lazuardi Hayati menjadi Lazuardi Haura Global Islamic School.
Pada Tahun 2007 di perbukitan yang sejuk dan tenang, Sekolah Dasar Lazuardi Haura Global Islamic School menempati Gedung Baru di Jl. Imba Kesuma, yang disusul oleh Pra TK dan TK pada tahun 2008 menempati gedung baru di lokasi yang sama.
Lazuardi Haura GCS, berlokasi di perbukitan yang sejuk dan tenang di tengah kota Bandar lampung. Dengan pemandangan laut, sungai dan lereng bukit, berada dekat dengan lokasi wisata alam, mendukung pembelajaran yang dekat dengan alam dan jauh dari polusi. Dengan konsep sekolah berorientasi alam menempatkan lingkungan sebagai laboratorium belajar yang tidak terbatas dan dilengkapi berbagai fasilitas lengkap dan nyaman membuat anak-anak dekat dengan alam dan mendapatkan rumah kedua nya di Lazuardi Haura GCS.
Karakter dibangun dengan tatanan semenjak dini, karenanya pembukaan kelas mengikuti perkembangan dan pertumbuhan anak-anak. Lazuardi Haura GCS menjadi sekolah tumbuh, seiring dengan perjalanannya, pada tahun 2012 dibuka SMP Lazuardi Haura GCS dilokasi baru yang dekat dengan TK dan SD sehingga bisa dikelola secara terpadu.
Sejak berdirinya Lazuardi Haura GCS mempertahankan kelas kecil, agar kehangatan dan kedekatan siswa, guru dan orangtua dapat terjalin erat. Lazuardi Haura GCS telah menjadi rumah bagi siswa-siswi ‘Lazuardians’
Arti kata Lazuardi Haura
Lazuardi berasal dari kata bahasa Arab lazward yang merupakan bentukan dari sebuah kata Latin, lapis (berarti batu), dan bahasa Arab azraq (biru) yang di dalam bahasa latin berubah menjadi azure. Dengan demikian kata “Lazuardi” berarti batu (permata) berwarna biru. Sedangkan “Lazuardi Hayati” berarti “batu permata hidupku” yang dalam hal ini, bermakna “anak-anak kesayanganku”.
Haura dalam bahasa arab Hauro berarti bidadari, juga merupakan sebutan dari sayidah fathimah putri Rasulullah SAW yang mulia. Dengan harapan bahwa putra-putri tercinta akan menjadi kecintaan Rasulullah SAW, dan permata hati Ayah dan bundanya
Compasionate School
Di tahun 2018, Lazuardi Global Islamic School menandatangani piagam sebagai sekolah welas asih pertama di Indonesia yang tercatat namanya dalam daftar Compassion Action International. Hal ini sekaligus meresmikan transformasi Lazuardi sebagai Sekolah Islam Berwawasan Welas Asih dan berganti nama menjadi Lazuardi Global Compassionate School.
Pada Tahun 2018 Lazuardi Haura juga menjadi Sekolah Ramah Anak terpilih dari program Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak bekerjasama dengan Dinas Pendidikan.
HISTORY TIMELINE
Sejarah Lazuardi
OUR HISTORY
Mengapa lazuardi hadir ?
Masa-masa mendatang akan semakin ditandai dengan munculnya persaingan yang semakin ketat; pergaulan global yang makin intens; perubahan-perubahan yang amat cepat dibidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi; tantangan terhadap dan sekaligus kebutuhan keber-Agamaan yang lebih bermoral serta timbulnya ekses krisis sosial dan lingkungan.
Untuk menjawab tantangan-tantangan inilah, khususnya di lampung, Yayasan Dr Soebiyan hadir untuk mengabdikan diri pada dunia pendidikan.
Yayasan Dr Soebiyan hadir atas prakarsa:
- Ibu Shita Dharmasari Soebiyan
- Ibu Uswati Soebiyan
- Bapak Riadh Indrawan
- Ibu Indah Murniati Thoyib dan
- Ibu Vivien Himmayani
Bagaimana Lazuardi Lahir
Pada tahun 2005, berlokasi di rumah sewa Jl Way Sungkai Garuntang, Ibu Shita Dharmasari Soebiyan membuka Pra TK dan TK Haura Global Islamic School. Penerimaan siswa baru dimulai pada tanggal 9 Mei 2005.
Setahun setelahnya, memenuhi permintaan siswa-siswi Haura GCS , tahun 2006 dibuka Sekolah Dasar.
Sejalan dengan perkembangannya, dibentuklah Yayasan Dr.Soebiyan yang kemudian bermitra dengan Yayasan Lazuardi Hayati menjadi Lazuardi Haura Global Islamic School.
Pada Tahun 2007 di perbukitan yang sejuk dan tenang, Sekolah Dasar Lazuardi Haura Global Islamic School menempati Gedung Baru di Jl. Imba Kesuma, yang disusul oleh Pra TK dan TK pada tahun 2008 menempati gedung baru di lokasi yang sama.
Lazuardi Haura GCS, berlokasi di perbukitan yang sejuk dan tenang di tengah kota Bandar lampung. Dengan pemandangan laut, sungai dan lereng bukit, berada dekat dengan lokasi wisata alam, mendukung pembelajaran yang dekat dengan alam dan jauh dari polusi. Dengan konsep sekolah berorientasi alam menempatkan lingkungan sebagai laboratorium belajar yang tidak terbatas dan dilengkapi berbagai fasilitas lengkap dan nyaman membuat anak-anak dekat dengan alam dan mendapatkan rumah kedua nya di Lazuardi Haura GCS.
Karakter dibangun dengan tatanan semenjak dini, karenanya pembukaan kelas mengikuti perkembangan dan pertumbuhan anak-anak. Lazuardi Haura GCS menjadi sekolah tumbuh, seiring dengan perjalanannya, pada tahun 2012 dibuka SMP Lazuardi Haura GCS dilokasi baru yang dekat dengan TK dan SD sehingga bisa dikelola secara terpadu.
Sejak berdirinya Lazuardi Haura GCS mempertahankan kelas kecil, agar kehangatan dan kedekatan siswa, guru dan orangtua dapat terjalin erat. Lazuardi Haura GCS telah menjadi rumah bagi siswa-siswi ‘Lazuardians’
Arti kata Lazuardi Haura
Lazuardi berasal dari kata bahasa Arab lazward yang merupakan bentukan dari sebuah kata Latin, lapis (berarti batu), dan bahasa Arab azraq (biru) yang di dalam bahasa latin berubah menjadi azure. Dengan demikian kata “Lazuardi” berarti batu (permata) berwarna biru. Sedangkan “Lazuardi Hayati” berarti “batu permata hidupku” yang dalam hal ini, bermakna “anak-anak kesayanganku”.
Haura dalam bahasa arab Hauro berarti bidadari, juga merupakan sebutan dari sayidah fathimah putri Rasulullah SAW yang mulia. Dengan harapan bahwa putra-putri tercinta akan menjadi kecintaan Rasulullah SAW, dan permata hati Ayah dan bundanya
Compasionate School
Di tahun 2018, Lazuardi Global Islamic School menandatangani piagam sebagai sekolah welas asih pertama di Indonesia yang tercatat namanya dalam daftar Compassion Action International. Hal ini sekaligus meresmikan transformasi Lazuardi sebagai Sekolah Islam Berwawasan Welas Asih dan berganti nama menjadi Lazuardi Global Compassionate School.
Pada Tahun 2018 Lazuardi Haura juga menjadi Sekolah Ramah Anak terpilih dari program Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak bekerjasama dengan Dinas Pendidikan.